fbpx

Cari Tau Penyebab Air Sumur Bor Berbau Karat

Air dari sumur bor saat ini masih menjadi pilihan banyak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Karena tidak semua rumah ataupun tempat usaha dapat menikmati sambungan air ledeng dari PAM.

Namun sering kali yang menjadi permasalahan adalah air yang keluar dari sumur bor tidak selalu bersih dan layak untuk digunakan, walaupun hanya untuk keperluan MCK saja.

Umumnya dibeberapa daerah air sumur bor mengandung kadar kimia Fe (zat besi), Mn (mangan), dan Amoniak.

Kandungan kimia inilah yang membuat air sumur bor bisa berubah menjadi keruh, berwarna kuning dan berbau karat. Walaupun pada saat baru dikeluarkan air terlihat bersih dan jernih.

Perubahan air secara fisik ini disebabkan karena terjadinya proses oksidasi. Proses air sumur yang bersentuhan langsung dengan udara terbuka. Sehingga memicu reaksi kimia pada air sumur.

Air yang terlihat bersih dan jernih saat baru dikeluarkan dari sumur, namun setelah beberapa saat berubah secara fisik menjadi keruh, berwarna kuning dan berbau karat. Terkadang sedikit berminyak di permukaan air.

Air sumur dengan kandungan Fe tinggi tidak layak untuk digunakan, jika digunakan untuk mandi akan terasa lengket di kulit, dan juga bisa meninggalkan bercak-bercak kuning di ubin kamar mandi.

Untuk standar air bersih mengacu pada PERMENKES 416, kadar Fe (zat besi) maksimal adalah 1 ppm, untuk kadar Mn (mangan) maksimal 0,5 ppm dan tidak berbau.  

Untuk mengetahui kandungan Fe (zat besi) pada air sumur bor berikut beberapa caranya.

Dengan cara dicium.

Biasanya air yang memiliki kandungan Fe yang tinggi akan mengeluarkan bau karat yang menyengat. Cium air sumur bor saat baru dikeluarkan,  jika air sumur anda mengeluarkan bau karat yang menyengat kemungkinan mengandung Fe (zat besi). 

Dengan Larutan Air Teh

Tampung air sumur bor ke dalam wadah gelas, lalu siapkan larutan air teh, kemudian campurkan larutan air teh kedalam wadah yang berisi air sumur. Jika air sumur berubah menjadi hitam tandanya kandungan Fe (zat besi) air sangat tinggi.

Untuk lebih jelasnya menggunakan cara ini bisa lihat video di link https://www.youtube.com/watch?v=bCFRoXxfAyM

Menggunakan Alat Tes Kit Fe

Tes Kit adalah alat yang dibuat khusus untuk melakukan pengujian langsung dilapangan. caranya dengan cara menampung air kedalam tabung silinder, kemudian air tersebut dicampur dengan buffer Fe.

Buffer sejenin bahan kimia dalam bentuk bubuk. air dengan kadar Fe tinggi akan bereaksi. campuran buffer akan merubah air menjadi berwarna merah.

semakin merah hasilnya semakin tinggi kadar Fe nya.


ferrofilter filter air yang di desain khusus untuk mengatasi air sumur bor keruh berwarna kuning dan berbau karat, yang disebabkan karena kandungan Fe (zat besi), Mn (mangan), dan Amoniak pada air sumur.

Setelah ditreatment menggunakan ferrofilter air sumur bor akan menjadi air bersih sesuai standar PERMENKES 416 untuk kadar Fe (zat besi)

Tanpa Injeksi Kimia, Gak pakai karbon, gak perlu ganti-ganti media filter.

Informasi tentang ferrofilter : https://ferrofilter.com/filterairsumurbor/
Kunjungi kami di Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCqpSvhfY343N3AC51z4xrBw

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WhatsApp Kami