fbpx

Mengenal Jenis-Jenis Pipa PVC dan Kegunaannya

Jenis pipa PVC (Poly Vinyl Clorida) sekarang ini sudah banyak sekali di gunakan. Menggantikan jenis pipa besi atau galvanis terutama untuk pipa instalasi rumah. Bahkan sudah banyak juga digunakan untuk pipa distribusi di komplek-komplek perumahan.

Selain harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan pipa galvanis, kekuatan dan keawetan pipa PVC yang type AW juga tidak kalah dengan pipa galvanis.

Agar tidak salah memilih jenis pipa PVC, berikut ini adalah jenis-jenis pipa PVC dan peruntukannya.

Pipa PVC Type C

Pipa PVC type C adalah pipa PVC yang ketebalannya paling tipis, kegunaan pipa pvc jenis ini biasanya digunakan untuk membungkus kabel instalasi listrik. tidak disarankan untuk pipa yang di aliri air, karena tipis sangat mudah terjadi kebocoran. 

Panjang pipa PVC type C yang beredar di pasaran biasanya 4 meter / batang pipa

Pipa PVC Type D

Pipa PVC type D adalah pipa PVC yang ketebalannya sedang. biasanya digunakan untuk saluran air kotor, seperti air buangan kamar mandi, toilet, saluran aliran talang dan lainnya.

pipa type D ini tidak disarankan digunakan untuk saluran air bertekanan, karna sangat mudah sekali terjadi kebocoran. Karena ketebalannya yang sedang, dan tidak terlalu tebal. Untuk panjang pipa PVC type D umumnya 5,8 meter.

Pipa PVC Type D Ukuran 2 inci

Pipa PVC Type AW

Pipa PVC type AW adalah pipa PVC yang paling tebal, karna ketebalan dan kekuatannya pipa jenis ini bisa dipakai untuk instalasi salurana air yang bertekanan tinggi. biasanya digunakan untuk saluran pipa distribusi air bersih, instalasi pipa air bersih di rumah.

Sama seperti pipa type D Untuk panjang pipa PVC type AW umumnya juga 5,8 meter. namun ada beberapa merek pipa panjang bisa sampai 6 meter, dan dibeberapa kota di Indonesia ada juga beredar di pasaran panjang pipa perbatang hanya 4 meter.

Pipa PVC Type AW Ukuran 1 inci

Berikut beberapa daftar merk pipa PVC yang ada di Indonesia yang sudah memilikia standar SNI.


Pipa jenis apa yang digunakan ferrofilter? Untuk pipa instalasi yang bertekanan, ferrofilter menggunakan pipa PVC type AW, sedangkan untuk pipa yang tidak bertekanan seperti pipa radar menggunakan pipa PVC type D.

ferrofilter filter air yang di desain khusus untuk mengatasi air sumur bor keruh berwarna kuning dan berbau karat, yang disebabkan karena kandungan Fe (zat besi), Mn (mangan), dan Amoniak pada air sumur.

Setelah ditreatment menggunakan ferrofilter air sumur bor akan menjadi air bersih sesuai standar PERMENKES 416 untuk kadar Fe (zat besi).

Tanpa Injeksi Kimia, Gak pakai karbon, gak perlu ganti-ganti media filter.

Informasi tentang ferrofilter : https://ferrofilter.com/filterairsumurbor/
Kunjungi kami di Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCqpSvhfY343N3AC51z4xrBw

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WhatsApp Kami