Tips Sederhana Menguji Air Layak Minum Apa Tidak

Cara Mudah Tes Air Minum Layak Minum atau Tidak | Air adalah unsur penting yang ada dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu semua makhluk hidup juga membutuhkan air. Begitu juga manusia sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Namun terkadang air yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan justru berakibat buruk untuk kehidupan (merusak kesehatan).

Apalagi dengan adanya banyak penjual air mineral isi ulang yang terkadang bertindak nakal, mengakibatkan kualitas air mineral yang beredaran di pasar membuat ragu para konsumen untuk membelinya. Kalau mau memproses sendiri air dari sumur sendiri juga ragu apakah air dalam sumur sudah tercemar atau belum. Sehingga ragu apakah air tersebut layak konsumsi atau tidak.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa air layak konsumsi atau tidak? Berikut saya mengutip penyataan Kepala Laboratorium PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Ir Syafrita Oktalina Siregar, MM yang dimuat di Analisadaily.com.

Air yang sehat atau air layak konsumsi harus memenuhi syarat fisik, kimia, dan mikrobiologi. Secara fisik, air yang sehat adalah berwarna jernih, tidak berbau, dan tidak berasa. Secara kimia, air yang sehat adalah kadar pH-nya netral dan kandungan mineral-mineral tertentu memenuhi batasan syarat mutunya. Sedangkan, secara mikrobiologi, air yang sehat adalah tidak mengandung mikroba penyebab penyakit, seperti bakteri E.coli yang bisa mengakibatkan diare dan salmonela. Kedua bakteri ini biasanya terdapat dalam kotoran atau tinja manusia.

Untuk menguji kualitas air sehat atau tidak bisa dilakukan secara mudah dirumah sendiri tanpa harus membawanya ke laboratorium. Seperti warna dan bau bisa dicek secara langsung oleh panca indera. Namun demikian air yang secara fisik sudah memenuhi kriteria layak konsumsi (air yang jernih dan tidak berbau) belum tentu layak konsumsi. Mengapa demikian? Karena bisa saja didalam air tersebut terkandung zat-zat berbahaya yang tidak bisa dideteksi secara langsung oleh penca indra. Lagu bagaimana cara menguji lebih lanjut?

  1. Cara Pertama Menguji Air Sehat
    Campurkan air dengan teh. Anda bisa mengisi setengah segelas air yang akan diperiksa dan dicampurkan dengan setengah gelas air teh. Lalu, diamkan dalam keadaan gelas terbuka selama satu malam. Setelah itu, Anda bisa melihatnya dengan panca indera, apakah ada perubahan warna, terdapat lendiran, dan ada lapisan seperti minyak di permukaan.

    Semakin cepat perubahan yang terjadi pada air teh, semakin tinggi juga kandungan kimiawinya. Jika perubahannya lambat atau baru berubah setelah pengamatan satu malam, maka kandungan kimiawinya sedikit tapi kurang baik bila dikonsumsi. Tapi Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain, seperti mandi atau menyiram tanaman. Air yang mengandung logam tinggi bisa terlihat jika air teh berubah warna menjadi hitam, ungu, atau biri. Namun, jika tidak berubah warna, maka secara kimia kualitas air itu baiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *