fbpx

Jenis-jenis Sumur Bor dan Permasalahannya

Sumur bor merupakan sumber air alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhuan air baik untuk rumah tangga maupun usaha.

Ada 3 jenis sumur bor,

  • Sumur Pantek
    kedalaman 4-40 meter biasa dikerjakan manual dengan tenaga manusia, pengoprasiannya menggunakan pompa centrafugal.
  • Sumur Dalam menggunakan mesin kompresor
    Kedalaman sumur sekitar 40-100 meter, pengoprasioannya menggunakan mesin kompresor dengan cara menghebuskan angin kedalam pipa cassing,sehingga tekanan angin dapat membuat air naik keatas. air yang keluar dari sumur kompresor ini biasanya tidak konstan.
  • Sumur Dalam (Deep wealth) Menggunakan Submersible Pump
    kedalaman lebih dari 40 meter (40-180 meter) dikerjakan menggunakan mesin khusus boring. Pengoprasioan sumur dalam tidak bisa lagi menggunakan pompa centrafugal,tapi menggunakan pompa submersible, pompa yang dimasukan kedalam sumur bor.

Alasan mengapa orang membuat sumur biasanya dikarenakan tidak adanya layanan air PAM di daerah tersebut atau karena kecilnya Debit aliran air PAM  bahkan sering tidak mengalir.

Masalah menggunakan air sumur bor adalah biasanya air sumur bor mengandung mineral logam berat yang tinggi. yang tidak sesuai dengan parameter standar baku air bersih PERMENKES 492.

Mineral Logam yang umum terdapat pada air sumur bor, Fe (besi), Mangan (Mn) mineral ini yang membuat air sumur yang pada saat keluar terlihat bersih setelah beberapa menit berubah menjadi kotor, keruh, berwarna kuning  dan berbau karat.

untuk kualitas air sumur bor, tidak ada yang bisa memastikan, bisa di satu daerah yang sama sumur bor dengan kedalaman 10 meter bisa dapat air bersih, jarak beberapa meter dari lokasi dengan kedalaman yang sama tidak dapat air bersih. tergantung rezeki juga. Kedalaman sumur bor tidak menjamin air yang keluar pasti bersih.

Bagi yang beruntung dapat air sumur bor bersih tidak ada masalah, tapi bagi yang air sumurnya mengandung Mineral Logam berat, air sumur bor harus di treatment terlebih dahulu agar air bisa digunakan dengan menggunakan filter air.

Dipasaran banyak beredaran berbagai macam jenih filter air. tergantung anda mau memilih yang mana, sesuaikan juga dengan budget anda. yang paling penting hasil air yang keluar dari filter air sudah layak untuk digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *